3 Alasan Kenapa Android Lebih Aman bagi Anak-anak


Ada beberapa pertimbangan bagi orang tua sebelum memberikan perangkat mobile apa yang cocok untuk anak-anak. Faktor keamanan adalah salah satunya. Tahukah Anda bahwa sistem operasi Android ternyata lebih aman bagi anak-anak dibanding iOS? Ya, Android dianggap lebih banyak memberi keleluasaan bagi orang tua untuk mengatur dan memonitor akses bagi anak-anak mereka.

Apa saja kelebihan Android dibanding iOS? Ini dia:

1. Mengatur apa yang boleh dan tidak

Anak-anak usia belia belum mampu mengetahui konten apa saja yang boleh diakses atau tidak. Di sinilah peran orang tua dibutuhkan. Pada memang ada aplikasi parental control, di mana sejak tahun lalu Apple memungkinkan user memblokir akses ke sejumlah aplikasi. Namun tetap ada kemungkinan aplikasi itu terhapus. User juga tidak dapat membatasi aplikasi ke video dan musik.
Sementara di Android user dapat melakukan kontrol lebih jauh dengan bantuan aplikasi tambahan. Sistem operasi ini lebih fleksibel bagi developer untuk mebambah aplikasi lain demi keamanan anak. Sebagai contoh aplikasi Family Guardian  yang mampu menyembunyikan sejumlah aplikasi yang tidak ingin diketahui anak-anak. Aplikasi ini juga dapat memblokir konten tertentu yang dianggap belum pantas bagi anak. Hal seperti ini tak mungkin dilakukan di iPhone dan iPad.

2. Didesain untuk anak dan orang tua

Belum lama ini Techno Source merilis tablet Android bagi anak usia 5 tahun ke atas, Kurio 7.  Tablet ini berpenampilan sama dengan tablet Android Samsung atau HTC, hanya disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak. Pada produk ini khusus dihadirkan aplikasi untuk anak-anak, dengan pembatasan situs pada browser. Profilnya pun dapat disesuaikan dengan usia anak. Ada juga yang sudah dirilis Amazon, Kindle FreeTime bagi Kindle Fire HD tablets yang memang didesain khusus bagi anak-anak. Berarti pengembang Android memang sangat memikirkan bagaimana perangkat-perangkat ini bisa nyaman bagi anak-anak maupun orang dewasa.

3. Lebih ekonomis

Di luar dua kelebihan di atas, ada nilai plus lagi pada Android bagi orang tua, yakni dari sisi ekonomi. Banyak smartphone atau tablet Android dengan harga jauh lebih terjangkau dibanding yang berbasis iOS. Seperti kita tahu, anak-anak masih sering bersikap ceroboh pada perangkat elekronik. Akan sayang rasanya jika memberinya perangkat berharga mahal. Nah, kini banyak tablet dan smartphone Android dengan harga yang lebih terjangkau. Baik fitur maupun aplikasi yang tersedia pun tidak kalah dengan iOS.
 
[via Mashable]

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.