Korea Selatan, Negara dengan Virus Komputer Terbanyak!

Korea Selatan adalah negara yang komputernya paling banyak terinfeksi virus! Maka hati-hatilah jika berniat untuk membawa laptop kesana. Demikian menurut studi yang dilakukan Panda Labs, firma antivirus asal Spanyol. Dari semua negara di dunia, negeri ginseng tersebut menduduki urutan pertama, yakni 57% komputernya terinfeksi virus. Baru kemudian diikuti oleh tetangganya, China, dengan 52%, kemudian Taiwan, 43%. Angka ini dihasilkan Panda Labs melalui analisanya selama April-Juni 2012.

Di belakang mereka adalah Bolivia, Honduras, Turki, Ekuador, Rusia, Slovakia , dan Polandia. Rata-rata infeksi virus yang dialami seluruh komputer di dunia adalah 32%. Amerika dan Meksiko mengalami penurunan infeksi, masing-masing 30%. Sementara Kanada 25%.

Swiss adalah negara dengan jumlah infeksi paling rendah, yakni 18%, diikuti Swedia 19%, disusul Norwegia, Inggris, Uruguai, Jerman, Irlandia, Finlandia, Hungaria, dan Belanda.

Yang menarik, mayoritas negara dengan angkah infeksi rendah adalah negara dengan teknologi maju, kecuali Korea Selatan. Seperti kita tahu, negara tersebut cukup maju di bidang teknologi informasi, namun mengherankan bahwa angka infeksi virus komputernya juga sangat tinggi.

Studi lain yang pernah dilakukan juga menghasilkan data yang tak terlalu meleset, di mana Korea Selatan menduduki urutan kedua negara yang paling terinfeksi virus komputer, disusul Guatemala, Vietnam dan Indonesia.

Korea Selatan dapat dikatakan sebagai negara kaya tapi “kotor”. Baik firma sekuritas komputer Panda maupun Norman berspekulasi bahwa kondisi negara tersebut yang berbatasan dan “bermusuhan” dengan Korea Utara membuatnya selalu dalam keadaan perang teknis. Sistem komputer pemerintah, militer, dan industri Korea Selatan, dalam kondisi darurat untuk diserang lawan. Inilah yang membuatnya berpotensi untuk diserang virus. Sebagai contoh, pada Maret 2011, sebanyak 40 situs Korea Selatan, termasuk situs milik bank-bank besar, mengalami serangan denial-of-service secara besar-besaran. Pada bulan yang sama, sejumlah malware menyerang sistem komputer bandara di sana.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.