30% Populasi Dunia = Warga Dunia Maya


Pernah merasa penasaran, berapa banyak orang online di seantero dunia ini? Apa yang mereka lakukan? Go-gulf.Com merangkai sejumlah data dari beberapa riset statistik online, dan mendesainnya menjadi sebuah infografik menarik. Riset ini melibatkan sebanyak 30% dari populasi dunia yang sudah menjadi warga dunia maya. Mereka coba menyibak, apa saja yang dilakukan warga cyber ini.

Ya, ternyata populasi dunia maya saat ini sudah mencapai lebih dari dua miliar orang, tepatnya 2.095.006.006 orang, atau mewakili 30% dari populasi global secara keseluruhan. Dari angka tersebut, rata-rata menghabiskan waktu 16 jam per bulan untuk mengakses internet. Tapi di Amerika Serikat sendiri, bisa menghabiskan waktu 32 jam sebulan atau dua kali lipatnya.

Nah, dari warga cyber itu, dari negara mana saja mereka berasal? Masih didominasi negara maju. Sebanyak 85% warga Inggris sudah bisa menikmati fasilitas sebagai warga dunia maya. Disusul kemudian oleh Jerman (81%), Prancis (80%), Amerika Serikat (79%), Rusia (43%). Baru kemudian di belakangnya ada Brazil (40%), China (34%), Nigeria (28%), dan India (7%).

Apa saja yang mereka lakukan di internet?  Situs jejaring sosial ternyata menjadi yang paling menarik perhatian. Ini terbukti dengan paling banyaknya situs-situs social media diakses, yakni sebanyak 22%. Lalu orang juga suka melakukan pencarian di search engine (21%), atau sekadar membaca-baca konten web (20%). Aktivitas lain yang cukup banyak dilakukan di internet adalah saling berkirim email dan komunikasi (19%), mengunjungi situs multimedia (13%), dan berbelanja online (5%).

Google masih menjadi situs yang paling banyak diklik, yaitu dengan unique visitor 153.441.000 per bulan. Tempat kedua diduduki oleh Facebook, 134.664.000 per bulan. Baru kemudian disusul Yahoo. MSN, YouTube, AOL, Wikipedia, Apple, dan Ask.

Selain data statistik di atas, ada juga sejumlah fakta menarik yang tersibak. Yaitu sebanyak 56% user Facebook menggunakan Facebook untuk memata-matai temannya atau orang lain. Pengguna Facebook di Brazil terbukti memiliki rata-rata teman paling banyak, yakni 481 terman per orang. Sedangkan user Facebook Jepang mempunyai teman paling sedikit, hanya 29 per orang orang.

Ternyata orang di China paling banyak menghabiskan waktu buat online shopping, yaitu 5 jam per minggu. Fakta menarik lain, dalam sehari terkumpul 1 miliar data hasil search di Google.  Dari social media, ada 250 juta twit perhari di Twitter, dan 800 juta update Facebook per hari.  Dan cukup banyak pula orang yang senang mengunggah film ke internet, terbukti ada 60 jam durasi film diunggah ke YouTube setiap 1 menit.  Yang menonton pun tidak kalah banyaknya, sebab ada 4 miliar view per hari di YouTube. Wow, cukup sibuk juga ya warga dunia online kita setiap harinya.
 
[via socialmediaportal]

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.