Al-Bari' (Maha Mengadakan)

DIALAH yang mengatur makhluk-Nya dengan keserasian yang sempurna - bukan hanya serasi pada dirinya sendiri, melainkan segala sesuatu bersejalan satu sama lain. Alam semesta yang tampaknya tak terbatas ini bekerja seperti jam. Lihatlah bagaimana segala sesuatu di dalam dirimu saling berhubungan, bekerja bersama-sama, dan bagaimana, ketika salah satu bagiannya rusak, semua bagian yang lain juga berpengaruh.


'ABD AL-BARI' adalah orang yang terpelihara dari keganjilan, kesalahan, kezaliman, dan kebingungan. Orang seperti itu diciptakan untuk berbuat sesuai dengan sunnatullah yang berlaku di dalam alam, dan dapat membantu atau mendorong oranglain untuk melakukan hal serupa. Sifat al-Bari', yang menciptakan keselarasan, sebenarnya merupakan bagian dari sifat Allah al-Rahman, Maha Pemurah. Seperti yang disebutkan dalam QS. Al-Mulk : 3
"Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?"

Dengan demikian, dalam keselarasannya, 'Abd al-Bari' perlu bersifat dermawan.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.