Al-Rahman (Maha Pemurah)

DIALAH yang mewariskan kasih sayang dan kebaikan bagi seluruh makhluk, di segala zaman, tanpa membedakan antara yang baik dengan yang buruk, yang beriman dan yang kafir, yang dicintai dan yang dibenci. Dicurahkan-Nya karunia ak terbatas kepada seluruh makhluk-Nya.

Buktinya : "Rahmat-Ku meliputi segala sesuatu." (QS. Al-A'raf :156)

Para ulama telah menafsirkan al-rahman sebagai kehendak ilahi terhadap seluruh kebaikan, al-iradah al khayr, dan mengatakan bahwa al-Rahman, seperti halnya Allah adalah nama diri Sang Pencipta dan tidak dapat disifatkan kepada yang lain.

Allah berfirman : "Katakanlah, serulah Allah atau serulah Al-Rahman. Dengan nama mana saja kamu seru, Dia mempunyai nama-nama yang paling indah." (QS. Al-Isra' : 110)




'ABD AL-RAHIM adalah orang yang padanya Allah mengungkapkan rahmat-Nya kepada alam semesta. Setiap anak Adam memperoleh kasih sayang dari Yang Maha Pengasih sesuai dengan potensi mereka. Tak ada yang dikendalikan dari firman Yang Maha Pengasih itu, seperti yang disabdakan Nabi saw. dalam sebuah hadis, "Allah telah menciptakan manusia dalam bentuk kasih sayang-Nya."

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.