Al-Ghaffar (Maha Pengampun)

ALLAH memperlihatkan kebaikan dan keindahan, dan menyembunyikan keburukan. Dosa adalah buruk. Tobat merupakan kesadaran atas keburukan yang dilakukan terhadap orang lain maupun diri sendiri, bersamaan degan usaha mengubah hal buruk atau menyembunyikannya.


'ABD AL-GHAFFAR adalah orang yang diberi sifat pemaaf, yang menutupi dan menyembunyikan kesalahan orang lain, memiliki rasa belas kasihan untuk tidak menganggap kesalahan sebagai kesalahan. Orang seperti itu mengamalkan cara ini kepada orang-orang yang telah diampuni Allah Yang Maha Pengampun. Rasulullah bersabda, "Barang siapa memaafkan orang lain niscaya Allah akan mengampuninya dan menyembunyikan dosanya pada hari kiamat."

Manfaat:

Jika sesorang memiliki hati yang bersifat penyayang terhadap kekurangan orang yang ada di sekelilingnya, dan dia membaca ya Ghaffar sebanyak 100 kali setelah salat Jumat, niscaya Allah akan mengampuni segala dosanya pada minggu sebelumnya.

Ketika amarah menyala di dalam hati seseorang, kemudian orang itu ingat dan membaca ya Ghaffar, maka amarah itu akan reda.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.